Sebenarnya sudah  melihat challenge ini sejak beberapa hari lalu, tidak begitu memperhatikan dan belum ada minat sama sekali. Namun, baru saja tadi melihat dua kawan saling ber-mention di twitter mengenai tantangan ini, mendadak jadi tertarik mencobanya.

Untuk hari pertama, tema yang diminta adalah a song you like with a color in the title, nah karena saya orang Indonesia, selain nanti mungkin ada lagu-lagu berbahasa Inggris sesuai bahasa yang digunakan dalam tantangan tersebut, boleh dong pakai lagu-lagu bahasa Indonesia. Ha orang Indonesia je

Sesuai dengan hal tersebut maka lagu yang dipilih untuk hari pertama ini adalah BIRU karya Dian Pramana Poetra.

Alasan memilih lagu ini selain karena biru adalah salah satu warna favorit, juga lagu ini sudah direkam ulang oleh banyak artis lain dan dinyanyikan oleh lebih banyak orang lain di berbagai kesempatan dan acara. Kalau misalnya di Indonesia ada Great Indonesian Songbook, layaknya Amerika yang punya Great American Songbook, lagu ini harusnya ada di antara jajaran lagu-lagu yang ada di sana.

Kata seorang kawan, walaupun nampaknya sederhana sesungguhnya lagu ini punya tingkat kesukaran tinggi apalagi jika membawakannya untuk sebuah lomba atau festival. Alasannya adalah karena kesederhanaan lagu ini maka si penyanyi yang ingin membawakannya harus berjuang keras agar karakter penyanyi tersebut bisa muncul dan tidak berada di bawah bayang-bayang para penyanyi sebelumnya yang pernah mempopulerkannya seperti Dian Pramana Poetra sendiri atau Vina Panduwinata.
Entah benar atau salah, saya cuma manut saja. Maklum bukan cah musik. 😀