A song that you think everybody should listen to. Jujur, dari hari pertama saya sudah tak sabar menunggu datangnya hari ke-23 ini. Sebab saya sudah menyiapkan Whiskey and Soda karya Roberto Delgado dari album This Is Reggae (1970).

Alasannya karena sampai sekarang masih banyak yang mengenali lagu ini sebagai “Lagu-nya Srimulat”. Padahal sebenarnya bukan demikian. Ini mungkin mirip dengan kejadian lagu tema Pink Panther yang oleh banyak orang disebut sebagai lagu Dono Kasino Indro.

Tidak salah sih, karena memang mungkin sejak tahun 70-an lagu ini nyaris selalu diperdengarkan di tiap pertunjukkan lawak Srimulat.

Awalnya hanya muncul di tiap akhir pertunjukkan, namun kemudian juga dijadikan musik pembuka pertunjukkan. Biasanya lagu ini fade out lalu muncullah Gepeng/Timbul/Asmuni/Basuki di panggung dengan berkalung lap kecil atau handuk lalu bermonolog, “Sudah lama saya tinggal bersama keluarga Pak Tarzan ini…”

Roberto Delgado sendiri, walau namanya berbau Spanyol ternyata bukan orang Hispanic, karena itu adalah nama samaran dari seorang berkebangsaan Jerman yang nama aslinya Horst Wende.

Selain oleh Srimulat, ternyata pada tahun 70-an pula, lagu ini pernah disadur ke dalam bahasa Indonesia menjadi lagu berjudul Berlayar yang dinyanyikan oleh Andrianie seorang penyanyi dari Semarang ini: