A song that breaks your heart. Ini bukan lagu yang bikin saya patah hati, tapi lagu yang kalau disimak makna liriknya, memunculkan gumaman dalam hati: “Kok mesakke tenan to Mas, kowe…” 😀

Dari sekian banyak lagu yang bertema remuknya sebuah hati, Untitled dari Maliq & D’Essentials ini dari sisi lirik ternyata punya potensi teramat kejam dalam urusan menghancurkan hati, perasaan, dan harapan seseorang.

Seperti yang sudah banyak diketahui, ini lagunya bercerita tentang seseorang yang jatuh cinta pada pujaan hatinya. Lalu nampaknya perasaan itu tidak terungkapkan dan cuma tersimpan di benak orang yang sedang jatuh hati ini.

Sehingga muncul banyak ungkapan seputar perasaannya, serta pertanyaan tentang bagaimana tanggapan dan rasa si pujaan hati terhadap orang ini, serta pertanyaan tentang mengapa pujaan hati tak dapat diraih.

Nah potensi kejamnya dalam menghancurkan hati, perasaan, dan harapan orang yang tidak dimiliki lagu-lagu lain dibuktikan pada lirik bagian akhir lagu ini:

bila cinta kita tak kan tercipta
ku hanya sekedar ingin tuk mengerti
adakah diriku singgah di hatimu
dan bilakah kau tau
kaulah yang ada di hatiku
kau yang ada di hatiku
adakah ku di hatimu

Bayangkan jika orang yang sedang dilanda asmara ini beneran ngomong semua perasaannya ke pujaan hatinya, lalu kemudian hasilnya ditolak. Lalu buat sedikit menghibur diri, si orang ini kemudian mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti potongan lirik lagu di atas ke pujaan hatinya, dan langsung dijawab oleh si pujaan hatinya dengan:

“Enggak pernah tuh…”

Kan rasa sakit dan remuknya bakal berkali-kali lipat to itu? 😀