Festival Kebudayaan Yogyakarta itu dulunya Festival Kesenian Yogyakarta

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019 itu dulunya ya Festival Kesenian Yogyakarta. Kurang lebih sama, hanya cakupannya jadi lebih luas.

Jadi jangan bingung kalau sejak beberapa hari lalu hingga hari-hari mendatang akan banyak muncul pengumuman atau e-poster yang mengatasnamakan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019.

Seperti misalnya pengumuman tentang open recruitment untuk calon volunteer dan open call untuk talent pertunjukkan FKY 2019.

Mengapa namanya Festival Kesenian Yogyakarta berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta?

Karena semuanya didasari semangat dan keinginan untuk lebih mengembangkan dan memperluas cakupan Festival Kesenian Yogyakarta yang sampai tahun kemarin sudah menginjak usia tiga puluh tahun.

Sehingga ketika berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta, hal-hal yang dicakup jadi lebih luas karena mencakup objek-objek kebudayaan yang ada di Perdais No. 3 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Kebudayaan, yaitu: nilai-nilai budaya, pengetahuan dan teknologi, bahasa, adat istiadat, tradisi luhur, benda, dan —tentu saja— seni.

Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 Mulanira
Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 Mulanira

Festival yang tahun ini mengangkat tema MULANIRA: ruang | ragam | interaksi, yang dimaknai “Kembali ke asal mula: Apa yang sebelumnya ditetapkan, mengalami pergeseran yang menuntut kemampuan jawaban tiap generasi.”.

Sebelum FKY 2019 ini nanti resmi berlangsung pada 4 – 21 Juli 2019 berpusat di Desa Panggungharjo Bantul, terlebih dahulu akan digelar beberapa kegiatan pre-event bertajuk Mulanira Malyabhara di beberapa titik sepanjang Jalan Malioboro.

Selain sebagai penanda sebentar lagi akan ada FKY, juga untuk menginformasikan kata Malioboro sesuai etimologinya yaitu Malyabhara, yang berarti jalan beruntaikan bunga.

Pre-event ini nanti akan berupa aktivasi situs-situs publik berbentuk instalasi visual dan kegiatan-kegiatan publik di sepanjang Jalan Malioboro.

Mulanira Malyabhara
Mulanira Malyabhara

Waktu dan lokasi titik-titik kegiatan pre-event itu adalah 1 Juni 2019 di Pertigaan Pasar Kembang bekerja sama dengan Malioboro After Midnight, 15 Juni 2019 di Gerbang Barat Kepatihan, 29 Juni 2019 di Pertigaan Ngejaman.

Sampai jumpa di kegiatan pre-event FKY 2019 nanti malam jam 20:00 WIB di Malioboro!

4 thoughts on “Festival Kebudayaan Yogyakarta itu dulunya Festival Kesenian Yogyakarta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.