July 14, 2020
Gratisin Belajar

GRATISIN BELAJAR, satu lagi situs tandingan Prakerja.go.id

GRATISIN BELAJAR membuktikan kalau situs “tandingan” prakerja.go.id tidak hanya hanya satu, seperti yang pernah ditulis di sini. Ternyata di luar sana masih banyak orang-orang cerdas dan baik hati membantu sesama dengan segala kemampuannya.

Beruntung sekali, M Faiz Ghifari, pendiri Gratisin Belajar ini sendirilah yang berbaik hati memberitahukan saya tentang e-learning platform gratis ini melalui twitter.

Menurut keterangan di situsnya, alasan dibangunnya e-learning platform ber-tagline “Sebuah Upaya Kebaikan” adalah:

kami ingin menjadikan pendidikan berkualitas bukan lagi privilege, tapi adalah hak bagi semua warga negara Indonesia.

Meskipun sama-sama memberikan semacam bukti ke masyarakat, kalau belajar melalui internet ada yang gratis, tidak harus ribet, dan dapat diakses siapa saja. Ada sedikit perbedaan yang ditawarkan platform e-learning pada para calon penggunanya, dibandingkan dengan situs serupa.

Di sini bukan hanya materi belajarnya saja, namun para pengajarnya juga harus melalui kurasi intensif lebih dahulu. Itu sebabnya situs e-learning ini juga mengajak mereka yang berminat jadi pengajar untuk terlibat memberikan ilmu dan pengetahuannya.

Pengajar Gratisin Belajar

Selain itu, materi-materi tersebut dibuat dalam kurikulum yang terstruktur. Sehingga walaupun belajar secara mandiri, para penggunanya tetap dapat mendapatkan pemahaman mengenai suatu pelajaran secara runut dan bertahap. Istilahnya, menyediakan pathway belajar.

Perbedaan lainnya lagi adalah para pengguna tidak hanya mengikuti dan mendapatkan pengetahuan dari video-video pembelajaran yang tersedia. Namun tersedia pula Live Session interaktif yang memungkinkan peserta bertanya langsung dan mengemukakan pendapat.

Kemudian mungkin yang jadi salah satu fitur istimewa platform e-learning yang dapat diakses di seluruh Indonesia sejak 11 Mei lalu ini adalah adanya komunitas yang saat ini terdiri lebih dari 5.000 orang. Di komunitas ini, para anggotanya tidak melulu hanya belajar dan ngobrol tentang pelajaran saja.

Komunitas Gratisin Belajar

Melainkan juga jadi sarana memperluas jejaring serta pertemanan. Mungkin secara sederhana bisa digambarkan sebagai: “Seperti KASKUS tapi lebih fokus untuk belajar berbagai macam keterampilan dan materi ajar secara online gratis.”

Mereka yang berminat tinggal tombol Gabung Komunitas di halaman depan situs ini. Nanti setelah melewati beberapa langkah sederhana, akan masuk grup yang tampilannya kurang lebih seperti ini:

Memang kalau ingin mendapatkan manfaat maksimal dan optimal dari apa yang ditawarkan situs ini, sebaiknya para pengguna bergabung di komunitas yang ada di Gratisin Belajar ini.

Karena hal yang berusaha ditawarkan platform ini, yaitu membawakan proses belajar yang lebih humanis, dengan memperbanyak interaksi dan komunitas.

Dengan bergabung di Gratisin Belajar, maka kamu tidak hanya mendapatkan ilmu, tapi juga keluarga besar yang sama sama ingin menjadi lifelong learner.

Tapi kalau kebelet pengen cepet-cepet belajar, bisa langsung mengunjungi laman Learn. Nanti di sana ada beberapa video pembelajaran tentang berbagai macam materi yang siap mengobati dahaga para pengunjung yang haus ilmu. Misalnya materi ini:

Copywriting for Social Media

Jadi, kalau tidak berhasil ikut program prakerja versi pemerintah, jangan bersedih. Karena sekarang ada GRATISIN BELAJAR dan PRAKERJA.org yang jadi “situs tandingan”-nya.

Sehingga teman-teman masih bisa punya peluang dan kesempatan untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru, secara gratis dan terbuka. Siapa saja bisa mengaksesnya.

Terima kasih dan salut!

Gratisin Belajar
Halaman depan situs Gratisin Belajar

temukonco

husband | food-lover | good-listener | secret-keeper | story-teller | TemuKonco Podcast | merindukan ngopi a la kopi tiam | lengkap dengan roti sari kaya | dan telur setengah matangnya

View all posts by temukonco →

10 thoughts on “GRATISIN BELAJAR, satu lagi situs tandingan Prakerja.go.id

    1. wah Mas, kalau njenengan ndak perlu daftar prakerja sudah bisa digdaya berkarya sendiri dengan wangun e… 😀

      1. benar Mas. Perlawanan yang tujuannya memberitahu ke semua orang kalau sebenarnya untuk bikin program kayak gitu, memungkinkan kok dilakukan secara gratis dan tanpa aturan yang ribet itu.

        Yang penting materi yang diberikan benar-benar mencerahkan dan sesuai yan dibutuhkan masyarakat

  1. Kartu Prakerja diwarnai skandal. Salah satunya karena dimunculkan dari atas, pakai anggaran Rp20 T. Lalu selebihnya adalah formalitas birokratis.

    Padahal di pasar kerja, semua pihak berkepentingan melihat portfolio dan jaringan kerja seseorang. Tanpa sertifikat pun bisa dapat pekerjaan karena calon pemberi kerja tinggal melongok aneka platform jejaring, dari Twitter, FB, sampai LinkedIn, lalu menanya satu dua orang untuk konfirmasi: si Anu itu piye Mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.