TemuKonco

Bertemu teman, menemukan kawan

Pengumuman

Jogja Cross Culture Hasil Kolaborasi Berbagai Pihak

Jogja Cross Culture

JOGJA CROSS CULTURE gerakan budaya hasil kolaborasi komunitas para budayawan dengan seniman muda Jogja dengan Pemerintah Kota Yogyakarta akan digelar pada 3 dan 4 Agustus 2019 di Titik 0 Kilometer Yogyakarta.

Ada beberapa program yang terdapat dalam kegiatan ini. Antar lain peluncuran Jenang Golong Giling, yang akan dijadikan jenang khas kota Yogyakarta. Untuk itu proses konsep dan pembuatan jenang ini, melibatkan langsung masyarakat Kota Yogyakarta dari 14 kecamatan yang ada di dalamnya.  Perwakilan 14 kecamatan ini akan terlibat pula dalam penampilan tari rakyat di Titik 0 Kilometer Jogjakarta dalam kolaborasi penampilan Njoged Njalar.

Keterlibatan lain dari perwakilan wilayah ini adalah pada aktivitas edukasi sejarah, bertajuk Historical Trail Njeron Benteng. Selain untuk perwakilan kecamatan-kecamatan di Kota Yogyakarta, kegiatan ini juga terbuka untuk umum dan berhadiah!

Jogja Cross Culture

Lintas budaya secara era juga dipresentasikan pada tanggal 3 Agustus 2019 dalam penampilan Wayang Kota. Ini merupakan kolaborasi Wayang Ukur yang diperkenalkan oleh Maestro Wayang Sigit Sukasman dengan lima dalang generasi milenial. Pada kesempatan ini, mereka akan menampilkan lakon Kancingjaya.

Gelaran acara di tanggal 4 Agustus 2019 juga akan diisi dengan launching program Gandes Luwes dari pemerintah Kota Yogyakarta, dengan puncaknya adalah Historical Orchestra dan Cross Culture Performance yang mengharmonisasikan karawitan, musik orchestra, choir, dan seniman-seniman Jogja yang berkolaborasi dengan seniman internasional di satu panggung. Representasi akar budaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dihadirkan lewat Tepas Keprajuritan akan berpartisipasi juga di Cross Culture Performance.

Hal lain yang menarik adalah, selama dua hari penyelanggaraan Jogja Cross Culture 2019 ini, setiap mulai pukul 15:00 WIB di kawasan 0 kilometer, juga digelar Festival Jamu dan Kuliner yang pesertanya adalah para pelaku budaya kuliner di masyarakat. Sehingga nanti para pengunjung selain menyaksikan pertunjukkan, bisa mampir ke sini untuk mencicipi sajian yang dihidangkan.

Adapun informasi berikutnya berkaitan dengan persiapan dan kegiatan Jogja Cross Culture 2019 ini dapat diperoleh melalui Facebook, Instagram, dan twitter. Atau bisa langsung ke:

SEKRETARIAT JOGJA CROSS CULTURE 2019
Mergangsan Kidul Mg II 1328, Wirogunan
Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

Narahubung:
Lisa Febriyanti (0812-1575-4349)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén