Bertemu teman, menemukan kawan

Pengumuman

Mengintip konten tutorial PraKerja.org

Prakerja.org

Halaman depan situs PraKerja.org

Kemarin dapat kabar kalau ada situs baru namanya PraKerja.org. Dari namanya sudah bisa diduga kalau situs ini mencoba menjadi tandingan dari situs PraKerja.go.id

Hal tersebut dibenarkan oleh inisiatornya, Andri W Kusuma, yang mengatakan website ini tujuannya menunjukkan bahwa sangat banyak alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan secara gratis.

Hal yang senada bisa dilihat pula pada bagian Tentang Kami di situs ini, yaitu:

Prakerja.org tidak mengutip biaya apapun dan tidak menarik keuntungan komersial, serta tidak memberikan insentif apapun kepada pihak manapun terkait konten yang dipublikasikan melalui Prakerja.org. Apabila terjadi pendapatan untuk Prakerja.org misalnya dari iklan, donasi, ataupun pendapatan lainnya akan dipergunakan seluruhnya untuk pembiayaan operasional Prakerja.org.

Prakerja.org

Berbeda dengan situs tandingannya yang lebih dahulu ada dan diselenggarakan pemerintah, PraKerja.org ini sifatnya benar-benar terbuka, gratis, dan praktis.

Terbuka karena semua orang dapat mengakses konten situs ini. Langsung bukak, mak byak! Tanpa harus repot-repot mendaftarkan diri, membuat kartu, dan menunggu pengumuman hasil pendaftaran.

Gratis karena para peserta tidak ditarik biaya ketika ingin membuka atau mengikuti salah satu video tutorial yang tersedia. Kalaupun ada biaya yang dikeluarkan, itu adalah biaya koneksi internet untuk bisa mengakses video tutorial tersebut.

Karena semuanya telah ditanggung oleh YouTube dan para pemasang iklan di video yang bersangkutan.

Sementara praktis karena sesungguhnya kebanyakan tutorial yang tersedia di PraKerja.org ini dapat langsung dipraktikkan dan sangat memungkinkan untuk langsung dieksekusi menjadi sebuah bisnis awal kecil-kecilan.

Prakerja.org
Halaman depan situs PraKerja.org

Adapun konten-konten tutorial yang ada di sini secara garis besar terbagi menjadi: Wirausaha dan Ide Bisnis, Pengembangan Diri, Bisnis dan Keuangan, Teknologi dan Software, serta Bisnis Digital.

Oh iya, selain tutorial ada pula konten-konten yang isinya sharing pengalaman dan perjalanan berwirausaha yang inspiratif.

Tidak hanya itu, di situs ini juga ada halaman berjudul Live Training yang didalamnya tersedia informasi tentang jadwal kegiatan-kegiatan seminar online / webinar live dalam waktu dekat yang diadakan berbagai pihak.

Sebagai gambaran umum berikut contoh-contoh konten yang ada di situs PraKerja.org:

Kategori Wirausaha dan Ide Bisnis

Sharing Wirausaha – Hasilkan 6x UMR dari Hidroponik Itu Mudah

Konten ini berisi shareing dari seorang wirausaha yang biasa dipanggil Mas Fiqih. Berawal dari keisengannya mencoba berkebun secara hidroponik, ternyata akhirnya menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Kategori Pengembangan Diri

Cara Menyusun CV

CV di sini maksudnya bukan Commanditaire Vennootschap, yang badan usaha itu. Melainkan Curriculum vitae alias daftar riwayat hidup yang merupakan hal penting untuk dimiliki oleh seseorang yang ingin melamar suatu pekerjaan.

Kategori Bisnis dan Keuangan

Inilah Strategi Sales Jitu Yang Jarang Diajarkan

Meskipun ada latar belakang suara ketam mesin yang sering terdengar di latar belakang pembawa materi, tapi secara keseluruhan, tutorial ini menarik untuk diikuti hingga akhir.

Kategori Teknologi

#2. Mastering Layer | Adobe Illustrator for Intermediate

Alasan saya memilih materi ini sebagai salah satu contoh tutorial yang ada di PraKerja.org sederhana sekali. Yaitu karena thumbnail-nya ada Bruce Lee dengan latar belakang suasana lebaran yang beberapa hari lagi akan tiba.

Kategori Bisnis Digital

Tips Bisnis Online | Solusi Dapat Chat Masuk Tapi Gak Beli / Order

Bagi mereka yang terjun ke dunia jualan lewat online, nampaknya tutorial inilah temanya yang paling relate dengan kehidupan sehari-hari dalam berbisnis, khususnya yang melalui WhatsApp.


Itu tadi contoh-contoh pelatihan yang ada di PraKerja.org, konon di masa mendatang akan lebih banyak lagi tutorial-tutorial yang akan tersedia di situs ini. Semuanya tentu saja mudah diakses umum dan gratis!

Sudah menemukan tutorial yang dirasa cocok di situs ini?

3 Comments

  1. Zam

    semoga orang-orang seperti Mas Andri ini banyak ladang amalnya.. entah kenapa model PraKerja dari pemerintah ini agak failed..

    • Aamiiiin…
      Walaupun karyanya masih relatif sederhana ya, tapi setidaknya malah sudah bisa memenuhi kebutuhan orang-orang yang ingin belajar dan mendapat pengetahuan baru. Tapha harus repot-repot mendaftar dan menunggu pengumuman penerimaan. ๐Ÿ˜€

  2. Kayaknya kemarin saya baca soal prakerja.org ini di Tirto deh. Abis itu tak mampir ke situsnya. Ini kritiknya nampol banget sih kalau buat saya, Mas. ๐Ÿ™‚ Kalau konsepnya pemerintah itu kayak begini, anggarannya kan bisa buat hal lain. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.