Bulan Sura sudah lewat, ini artinya kegiatan hajatan, terutama mantenan, kembali digelar di mana-mana. Di Jogja juga seperti itu, janur-janur kuning kembali sering terlihat di mana-mana, dan gedung-gedung yang biasa digunakan untuk menggelar resepsi mantenan kembali riuh rendah.

Lagu-lagu “standar” mantenan kembali terdengar, tapi saya jarang mendengar lagu-lagu di bawah ini. Oh, jangan bilang karena ini lagu-lagu tua, sama L.O.V.E -nya Nat King Cole, tua mana coba? Apalagi sama Gending Kebo Giro?

Mari kita mulai saja ya…

 

Baju Pengantin (Chrisye)

Ini adalah lagu pertama serta satu-satunya lagu berbahasa Indonesia di list ini, ketika orang-orang banyak yang memilih lagu Malam Pertama dari Chrisye untuk menggambarkan pernikahan, saya lebih suka lagu ini. Kalau ditanya alasannya apa, saya tidak bisa menjawab dengan pasti, namun rasanya ketika berbicara tentang mantenan, lagu ini kesannya lebih spiritual deh.. 😀

 

From This Moment (Shania Twain feat. Bryan White)

Dari sisi pertimbangan pemilihan lagu, ini kebalikan dari yang pertama tadi. Lagu ini dipilih karena banyak kawan saya yang spontan berkata bahwa lagu ini akan dimainkan dalam resepsi pernikahannya nanti.

Dan kawan-kawan saya itu bukan cuma yang perempuan saja, tapi juga cowok-cowok yang dalam kesehariannya mereka nampak sangat laki-laki dan gahar. Makanya saya jadi penasaran, sedahsyat apa sih lagu yang bisa melembutkan kawan-kawan saya yang penampilannya sangar-sangar itu.

 

Everlasting Love (Carl Carlton)

Banyak yang menunda pernikahan karena takut segala macam centang perenang yang bakal menghadang mereka. Sehingga ketika berbicara mengenai pernikahan, yang terbayang adalah hal yang berat, susah, dan sejenisnya.

Padahal udah sama-sama yakin dengan pasangan yang dimiliki, kenapa tidak melupakan segala hal berat menakutkan dan membebani yang belum terjadi itu, dan abadikanlah cinta kalian halaaahh… 😀

 

Wouldn’t It Be Nice (The Beach Boys)

Sebenernya, hal yang menyenangkan dari pernikahan namun sering dilupakan ketika telah bertahun-tahun melewatinya adalah: “Ngapa-ngapain selalu bersama…”

Ajakan itu dengan keren dinyanyikan dengan riang oleh The Beach Boys di sini. Jarang denger lagu ini dinyanyikan di acara mantenan kan?

 

Grow Old With You (Adam Sandler)

Keriaan resepsi mantenan bertahan paling cuma satu atau dua hari, kehebohan bulan madu mungkin cuma sebulan, namun kebahagiaan untuk tumbuh dan menua bersama sampai Tuhan yang memisahkan kelak, kadang tak terbersit saat kegembiraan rangkaian pesta pernikahan itu.

Dengan jenaka, Adam Sandler menuturkannya di sini dan bukannya malah jadi ilfil, yang ada malah jadi sadar kalau sama seperti kita, pasangan kita juga akan menua, tapi perasaan yang tumbuh dan berkembang seiring waktu, akan membuatnya menyenangkan.

Keterangan:

  • Setelah List Lagu Patah Hati, ini adalah list lagu kedua yang ditulis di blog ini. Kalo selo mungkin akan ada list-list lagu lainnya yang menyusul 🙂
  • Terima kasih untuk @krisnasaridevi yang udah bantu ngasih beberapa ide untuk list lagu mantenan ini.
  • List ini dibuat untuk kawan-kawan saya yang mengundang saya ke acara pernikahan mereka, tapi saya dengan terpaksa tidak bisa datang. Maaf, dan semoga ini bisa menjadi penggantinya ya..