Pada hari kedua penyelenggaraan FKY 30, 24 Agustus 2018, berbagai program menarik mulai digelar. Salah satunya adalah Workshop FKY. Sama seperti pada tahun sebelumnya, sasaran peserta workshop ini adalah para pengunjung FKY.

Secara garis besar, materi workshop yang dipilih kurang lebih masih memiliki kecenderungan yang sama, yaitu bahan-bahan yang digunakan merupakan mudah didapatkan di rumah. Istimewanya, selain acara ini gratis para peserta dapat membawa pulang hasil karyanya dari workshop ini.

Workshop FKY 30 hari pertama ini diisi workshop membuat dreamcather. Tampil sebagai pemateri workshop tersebut adalah Tami dari Galeri Tanda Tanya, sebuah galeri wadah kreatifitas yang membuat berbagai macam tas, baju, aksesoris, dan dekorasi seperti dream catcher.

Tami memilih dreamcatcher sebagai materi workshop karena punya filosofi yang bagus karena dalam kepercayaan masyarakat Indian (Native American) aksesoris ini dianggap sebagai penjaga sekaligus pengusir mimpi buruk yang mungkin akan datang di dalam mimpi.

Akan tetapi bagi Tami sendiri, dream catcher ini dimaknai sebagai penyemangat, terutama ketika digantung di titik-titik favorit tertentu di rumah, aksesoris ini bisa mengembalikan semangat kembali.

Peserta Workshop FKY 30 membuat dreamcatcher
Peserta Workshop FKY 30 membuat dreamcatcher

Karena dreamcather adalah dekorasi yang sangat mengandalkan kreativitas tiap orang secara personal, jadi para pengunjung FKY 30 yang mengikuti workshop ini dapat mengikuti dengan baik, bahkan bisa memunculkan bentuk-bentuk baru yang tak kalah menariknya.

Akan ada beragam workshop yang akan diselenggarakan setiap hari di Planet Pyramid, Bangunharjo, Bantul, DIY. Penyelenggaraan tersebut akan memiliki dua jenis workshop berbeda setiap harinya, sesi workshop pertama akan berlangsung mulai jam 15.00 WIB hingga 18.00 WIB Sementara sesi ke dua dimulai jam 18.00 WIB hingga 21.00 WIB.