TemuKonco

Bertemu teman, menemukan kawan

Boga

Maison Daruma, Coffee Shop dan Roaster Kopi Jogja

maison daruma

Maison Daruma. Sebuah nama tempat yang waktu itu masih asing, ketika seorang kawan mengajak mengunjunginya. Awalnya saya kira tempat ini sama seperti coffee shop – coffee shop lainnya yang beberapa tahun terakhir ini banyak ditemukan di Jogja.

Ternyata, sore itu sesampainya Maison Daruma yang berlokasi di Jl. Ipda Tut Harsono No.48, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, dugaan saya ternyata agak meleset.

Maison Daruma memang menyediakan layanan dan ruang untuk para pengunjung yang ingin menikmati beragam jenis kopi di sini. Tentu saja lengkap dengan beragam makanan dan kudapan yang sangat cocok jadi teman minum kopi.

Namun layanan yang ditawarkan oleh Maison Daruma lebih dari sekadar menjadi tempat ngopi-ngopi cantik sambil bersantai di ruangan nyaman berinterior apik, atau di area luar ruang sambil bersantai di beberapa kursi dan beanbag yang tersedia.

Kesempatan yang diperoleh beberapa kawan dan saya mengintip daleman Maison Daruma-lah, yang membuat anggapan awal tentang tempat ini jadi berubah.

Roaster Kopi Jogja

Maison Daruma ini ternyata tak sekadar menawarkan kopi single origin maupun blended yang siap dicicipi para pengunjungnya. Lebih dari itu, tempat ini juga menawarkan jasa coffee roastery alias roaster kopi alias jasa pemanggangan biji kopi. Salah satu tahapan yang dilakukan dalam proses perjalanan panjang kopi dari mulai ditanam hingga tersuguh apik dihadapan para penikmatnya.

Memang ini bukan satu-satunya roaster kopi Jogja yang juga memiiki coffee shop di lokasi yang sama, sebagai layanan lebih sekaligus sebagai showcase beragam jenis kopi yang mereka miliki.

Namun, hal terunik yang mungkin hingga saat ini belum tersedia di tempat lain di Jogja adalah urutan proses yang disediakan bagi para konsumen yang ingin menggunakan jasa roasting kopi di sini.

biji kopi siap roasting di Maison Daruma

Biji kopi (green bean) siap roasting di Maison Daruma.
Foto: Pipit Damayanti

Itu karena green bean alias biji kopi yang akan dipanggang di sini, ditangani secara teliti, berhati-hati, dan melalui beberapa tahapan yang masing-masing menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi.

Misalnya, ketika biji kopi mulai datang, akan dimasukkan mesin berteknologi tinggi dari Jepang, yang secara otomatis akan memisahkan antara biji kopi dengan kotoran, batu, kulit, dan sejenisnya.

Langkah berikutnya adalah memasukkan biji-biji kopi tersebut akan dimasukkan kembali ke mesin yang lain. Kali ini mesin yang bertugas memilah-milah biji kopi sesuai ukuran dan warna kopinya. Sehingga, biji-biji kopi yang keluar dari mesin ini akan terkelompok berdasarkan ukuran dan warna yang seragam.

Biji-biji kopi yang seragam ukuran dan warnanya tersebut, barulah kemudian dimasukkan ke mesin roasting berteknologi tinggi yang berkapasitas maksimal dua puluh kilogram.

biji kopi setelah roasting

Biji kopi setelah melewati proses roasting di Maison Daruma.
Foto: Pipit Damayanti

Kepintaran mesin roasting ini adalah semua proses roasting diatur secara otomatis oleh komputer. Sehingga konsumen yang ingin roasting coffee di sini bisa mendiskusikan dan memilih profile roasting yang diinginkan.

Lebih dari itu, data profile roasting yang cocok, disukai, dan sesuai dengan keinginan para konsumen bisa disimpan di mesin ini, untuk kemudian di waktu mendatang bisa digunakan lagi.

mesin roasting teknologi modern

Profil roasting bisa disimpan di sini agar nanti bisa kembali digunakan.
Foto: Pipit Damayanti

Sehingga antara satu proses roasting di suatu waktu dengan proses roasting di waktu berikutnya, profile roasting tetap terjaga rasa dan kualitasnya. Tentu saja selama jenisdan kualitas biji kopi yang di-roasting tersebut kurang lebih sama.

Para penggemar kopi bisa memperoleh jasa roaster kopi dari Maison Daruma ini dengan biaya sebesar Rp20.000,- per kilogram, dengan minimal 10 kilogram biji kopi.

Apabila tidak memiliki biji kopi sendiri, Maison Daruma menyediakan 13 jenis kopi dari berbagai daerah, termasuk dua jenis yang diimpor dari Columbia dan Brazil, yang siap untuk di-roasting.

Coffee Shop

Sebenarnya, sebagai sebuah roaster kopi, Maison Daruma sudah berdiri dan memberikan layanannya sejak kurang lebih dua tahun lalu pada para pelanggan dan beberapa warung kopi lain di Jogja. Hingga sekarang konsisten melayani jasa roasting di setiap hari dan jam kerja.

Adapun, coffee shop-nya baru didirikan sejak satu tahun yang lalu. Coffee Shop ini beroperasi tiap hari dari jam 10 pagi hingga 12 malam. Sangat layak dicoba bagi para pecinta kopi, sambil memandang senja atau menikmati malam.

Latte Art

Latte Art di Maison Daruma coffee shop.
Foto: Monyoku

Jangan khawatir, buat yang kurang menyukai kopi, Maison Daruma coffee shop juga menyediakan jenis-jenis minuman lain. Selain itu roti-roti yang disuguhkan di sini sebagian besar hasil produksi Maison Daruma sendiri, sehingga jika beruntung bisa mendapatkan roti yang masih hangat baru keluar dari oven.

Sebagai catatan tambahan, akhirnya saya bisa menebak apa kira-kira makna Maison Daruma yang menjadi nama tempat ini. “Maison”, umumnya sudah banyak yang tahu, berasal dari bahasa Perancis yang artinya “rumah”.

Sementara itu “daruma” ternyata berasal dari bahasa Jepang, (だるま atau 達磨), yaitu boneka atau mainan asal Jepang dengan bentuk hampir bulat, dengan bagian dalam yang kosong serta tidak memiliki kaki dan tangan. Jadi tak heran jika berkunjung ke sini akan menemukan banyak  boneka-boneka daruma dalam berbagai ukuran yang dipajang.

daruma

Boneka Daruma dari Jepang. Lambang cita-cita, harapan, dan keberuntungan

Konon, boneka ini merupakan pembawa keberuntungan dan harapan.  Karena biasanya boneka Daruma dijual dalam keadaan dua matanya belum digambar.  Kalau ingin harapan atau cita-cita terkabul menggambar salah satu sisi dari kedua matanya dengan kuas dan tinta. Nanti kalau harapan atau cita-cita tersebut sudah terkabul, giliran mata yang satunya lagi yang digambar.

Jadi kapan ada rencana mencoba roasting biji kopi favorit kalian di Maison Daruma?

Kalau masih bingung di mana lokasi Maison Daruma ini, silakan simak peta di bawah ini ya. Monggo…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén