TemuKonco

Bertemu teman, menemukan kawan

Musik, Pengumuman

Pameran Yogyakarta Gamelan Festival 2018 Digelar di PKKH UGM

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) 2018

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) 2018

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) 2018 kali ini akan digelar pameran berjudul GÅNGSÅ ANANTA VIRYA yang artinya “semangat gamelan yang tak terbatas.” Pameran ini akan digelar pada 13 – 15 Juli 2018 di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM.

Sejalan dengan semangat tema besar Yogyakarta Gamelan Festival ke-23 yaitu Global Gamelan, di pameran ini tim pameran ingin menampilkan berbagai macam peran gamelan yang kadang tanpa sadar kita temui di kehidupan sehari-hari. Jadi tidak hanya sekadar dimainkan, diperdengarkan, atau menjadi pengiring saja.

Gamelan yang berpadu dalam kehidupan sehari-hari tersebut ditampilkan berdasarkan beberapa elemen yang disuguhkan secara audio dan visual.

Elemen-elemen tersebut meliputi:

Edukasi. Gamelan sebagai salah satu bagian dalam pendidikan baik formal maupun non formal.

Ritual. Gamelan menjadi bagian dari berbagai upacara-upacara adat. Bahkan sebelum seperangkat gamelan dibuat, sang empu pembuat gamelan biasanya lebih dahulu menjalani puasa dan laku sabar. Kemudian untuk gamelan-gamelan khusus, sebelum dimainkan gamelan tersebut perlu diruwat sedemikian rupa terlebih dahulu.

Keagamaan. Gamelan menjadi salah satu perangkat dalam keagamaan. Sejarah mengatakan, gamelan pada jaman Wali Sanga dahulu sering dijadikan sebagai media dakwah, atau sebagai pengiring berbagai prosesi keagamaan Hindu Bali hingga jaman sekarang.

Terapi. Alunan instrumen gamelan yang lembut dijadikan sebagai media terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah binasiwi. Gamelan dijadikan media untuk mengasah kepekaan, kekompakan dan konsentrasi anak. Bahkan di Inggris gamelan dipakai oleh Yayasan Good Vibrations untuk terapi narapidana.

Misi Diplomasi. Gamelan menjadi salah satu media diplomasi pemerintahan Indonesia ke berbagai Negara. Terutama untuk lebih memperkenalkan seni dan budaya Indonesia ke luar negeri.

Entertain. Gamelan sebagai media hiburan sejak masa lalu hingga kini. Pada era modern sekarang, gamelan tidak hanya dipakai dalam kesenian tradisional saja, tapi sudah merambah ke kesenian modern dan kontemporer gamelan.

Dengan menampilkan konten-konten tersebut dalam pameran ini,  diharapkan merangkum gelaran Yogyakarta Gamelan Festival yang telah dilaksanakan dari dahulu hingga sekarang, dan telah menjadi wadah berbagai unsur gamelan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén