August 4, 2020
pedagogi kritis bersama ben dan rara

Pedagogi Kritis bersama Ben dan Rara

Saya tertarik dengan Pedagogi Kritis sudah sejak November tahun lalu, setelah ngobrol dengan Mas Kurniadi Widodo aka. Mas Wid untuk podcast saya dalam episode Fotografi Vernakular.

Seusai rekaman podcast, obrolan masih kami lanjutkan beberapa saat lagi hingga sempat menyerempet kegiatan Mas Kurniadi Widodo yang berkolaborasi dengan Bang Ben dan Mbak Rara dalam sebuah kolektif fotografi yang memfokuskan diri pada pendidikan fotografi kritis dan reflektif melalui pendekatan interdisipliner, yaitu Arkademy Project.

Saat melihat sepak terjang Arkademy Project dan para pengusungnya, (ketika mereka akan mengadakan acara kelas diskusi di Kelas Pagi Yogyakarta, saya melihat sendiri Mas Wid, Bang Ben, dan Mbak Rara turun langsung angkat-angkat meja dan kursi menyusun formasi duduk para peserta diskusi esok pagi, agar proses diskusi dapat berjalan efektif, lancar, dan memuaskan), saya makin tertarik untuk Bang Ben dan Mbak Rara rekaman podcast bercerita panjang lebar mengenai konsep Pedagogi Kritis yang dicetuskan oleh Paulo Freire melalui bukunya Pedagogy of the Oppressed.

Sayang seribu sayang, meskipun rekaman telah dilakukan, namun ndilalah kok laptop saya mengalami kendala teknis, sehingga mau tidak mau harus rekaman lagi.

Rekaman kedua ini dilakukan di Kaliurang dan ditemani oleh Ryan Muhammad dari podcast Challecast, sekaligus membantu urusan teknis dan peralatan rekam.

Namun kembali ada beberapa kendala, yang lama-lama bikin saya jadi sedikit percaya dugaan Bang Ben dan Mbak Rara kalau mungkin ada campur tangan pihak lain yang berusaha menggagalkan rekaman ini, sampai beberapa bulan materi rekaman tersebut belum sempat “kepegang” secara serius.

Akhirnya pada suatu hari Bang Ben menanyakan rekaman podcast tersebut, karena ingin diunggah di podcast Benang Merah. Daripada kelamaan tidak segera publish, langsung serahkan data rekaman tersebut pada beliau, dan jadilah sebuah episode yang bisa kawan-kawan dengarkan ini.

Untunglah Bang Ben dan Mbak Rara cukup besar rasa sabarnya menghadapi beberapa kendala dan keleletan saya dalam mengolah episode podcast tersebut. Semoga mereka berdua tidak kapok ya. Aamiiin…

Nah, tanpa berpanjang-panjang lagi (karena episode ini sendiri juga sudah cukup panjang. Tiga jam lebih!), silakan simak podcast Benang Merah dalam episode Pedagogi Kritis dan Pendidikan Emansipatoris berikut. Siapa tahu setelah mendengar episode ini, ini kita sama-sama punya cara pandang baru terhadap pendidikan.

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

temukonco

husband | food-lover | good-listener | secret-keeper | story-teller | TemuKonco Podcast | merindukan ngopi a la kopi tiam | lengkap dengan roti sari kaya | dan telur setengah matangnya

View all posts by temukonco →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.