TemuKonco

Bertemu teman, menemukan kawan

Podcast

[TemuKonco Podcast Eps. 31] Jeng Ancis – Penari Istana

[TemuKonco Podcast Eps. 31] Jeng Ancis - Penari Istana

Seperti namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah salah satu wilayah di Republik Indonesia yang memiliki keistimewaan dan kekhas-annya sendiri dibanding daerah-daerah lain.

Salah satu keistimewaannya adalah sejak sebelum berdirinya negara Indonesia, daerah ini telah lebih dahulu memiliki pemerintahannya sendiri yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yang saat ini dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang juga menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Karena hal tersebut maka pengaruh istana Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat masih memiliki pengaruh yang sangat kuat di dalam hari para warganya. Salah satu yang masih sangat menonjol adalah kekentalan seni dan budayanya yang sangat kental dan dominan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu, hingga saat ini kraton Kasultanan Ngayogyakarta masih memiliki banyak abdi dalem yang masing-masing masih punya fungsi dan tugasnya masing-masing dalam rangka berjalannya kegiatan kesehariannya.

Salah satunya adalah abdi dalem penari istana, yang sering tampil di berbagai acara-acara resmi dan penting yang diselenggarakan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Jeng Ancis, tamu TemuKonco Podcast kali ini, adalah salah satu abdi dalem penari istana tersebut.

Apa yang harus dilewati dan bagaimana kegiatan dan kewajiban yang harus dilakukan oleh seseorang yang menjadi abdi dalem penari istana tersebut, akan diceritakan oleh Jeng Ancis dalam episode ini.

Supervisor : Jatmiko Kresnatama

Sentuhan manis di Post-production oleh: Waiwai Studio di bawah asuhan Lintang Enrico

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén