Bertemu teman, menemukan kawan

Pengumuman

Balkonjazz Festival 2019 di Balkondes Tuksongo

Balkonjazz Festival 2019

Balkonjazz Festival 2019

Balkonjazz Festival akan digelar 14 September 2019 di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Acara yang dipromotori PT Manajemen CBT Nusantara (MCN) sebagai pihak yang menaungi Balkondes (Balai Ekonomi Desa) di kawasan Borobudur, bekerja sama dengan Sinergi Nusantara sebagai Event Consultant untuk penyelenggaraan festival ini.

Menurut Direktur PT Manajemen CBT Nusantara (MCN), Jatmika Budi Santoso, penyelenggaraan Balkonjazz Festival ini merupakan bentuk perayaan hari jadi kedua Balkondes Tuksongo.

Balkondes Tuksongo sendiri adalah salah satu dari 20 Balkondes yang ada di wilayah Kecamatan Borobudur, Magelang. Sesuai namanya, tujuan dibangunnya balkondes ini untuk menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata.

Wujudnya adalah dengan membuat penginapan atau homestay yang dikelola secara langsung oleh masyarakat desa yang berada di sekitaran kawasan Candi Borobudur.

Masih menurut Jatmika Budi, balkondes-balkondes tersebut dibangun tidak hanya sebagai tempat tinggal sementara bagi wisatawan, namun juga menjadi destinasi yang mampu memberikan pengalaman menarik. Melalui konsep The Experience of Village Atmosphere, wisatawan akan merasakan secara langsung bagaimana terlibat membuat kerajinan tangan, membuat olahan makanan, keindahan panorama alam di sekitaran Borobudur, aktivitas fisik yang akan melibatkan langsung para wisatawan, juga experience menikmati pertunjukan kesenian daerah dari masyarakat sekitar.

“Dengan adanya Balkonjazz ini bagi kami akan menjadi pengalaman menarik lainnya yang bisa wisatawan dapatkan ketika melancong ke Borobudur maupun tinggal sementara di Balkondes. Pengalaman yang nyaman di Balkondes, indahnya panorama alam yang tergambar di sekitarnya, juga sajian musik dari para musisi besar Indonesia akan menjadi pengalaman yang lengkap dan tidak akan terlupakan yang bisa dinikmati oleh wisatawan maupun masyarakat umum,” jelas Jatmika lagi.

Sementara itu, menurut Direktur Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo dari Sinergi Nusantara festival ini merupakan proses kolaborasi antara musik dan budaya, yang mana nantinya diharapkan akan menjadi pemantik agar potensi ekonomi lokal akan lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Konsep besar yang dimiliki Balkondes, panorama alam yang indah, yang juga dikolaborasikan dengan sajian musik memukau dari para musisi hebat Indonesia akan menjadi daya tarik tersendiri yang mana pengalaman tersebut tak akan bisa didapatkan di tempat lain.

Balkonjazz Festival kali ini juga akan menampilkan pasar tradisonal, yaitu Pasar Balkon Tuksongo, pasar ini akan menjadi media transaksi ekonomi & promosi bagi masyarakat lokal secara langsung untuk mengenalkan potensi ekonomi lokal diseputaran area Balkondes. Balkonjazz Festival nanti juga akan mengusung kesenian tradisi lokal sebagai bagian dari kolaborasi bersama masyarakat sekitar.

Beberapa musisi yang akan hadir di Balkonjazz Festival 2019 nanti rencananya antara lain Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Dialog Dini Hari, Langit Sore, Tashoora, Nosstress dan Frau.

Management CBT juga menyampaikan walau festival ini bisa diakses secara gratis oleh masyarakat, namun pihak manajemen CBT pun menawarkan beberapa fasilitas bernama VIP Package yang dibagi menjadi Silver dengan harga Rp 550.000, Gold Rp 850.000, Platinum Rp 1.300.000, Diamond Rp 1.500.000 maupun Group diharga Rp 2.400.000.

Fasilitas yang akan didapatkan saat menggunakan VIP Package sendiri di antaranya seperti Balkondes Homestay, Balkonjazz VIP Spot Area, Balkonjazz Merchandise T-Shirt dan masih banyak lagi.

Acara ini didukung oleh Balkondes Borobudur, Balkondes Tuksongo – Telkom Indonesia, Balkondes Ngadiharjo – PLN, Balkondes Giritengah – Jasa Raharja, Balkondes Karangrejo – PGN, Balkondes Candirejo – Semen Indonesia, Balkondes Kebonsari – HK, Balkondes Ngaran – PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), Balkondes Wanurejo – Bank BNI, Balkondes Tanjungsari – Bank BRI, Balkondes Karanganyar – Bank BTN, Balkondes Kenalan – Bank Mandiri, Balkondes Majaksingi – Jasa Marga, Balkondes Ngargogondo – Pegadaian, Balkondes Giripurno – Pupuk Indonesia, Balkondes Bumiharjo – PT. PP Properti, Balkondes Wringin Putih – Pertamina, Balkondes Kembanglimus – Patrajasa, Balkondes Bigaran – Angkasa Pura, Balkondes Sambeng – PT. Perkebunan Nusantara III (Persero), Balkondes Tegalarum – Angkasa Pura II dan Apa Kabar Festival.

Untuk informasi update tentang Balkonjazz Festival bisa langsung mengunjungi website www.balkonjazz.com, atau akun official Instagram Balkonjazz Festival di balkonjazzfestival.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.