Bertemu teman, menemukan kawan

Sela

Blog aggregator matriphe!

matriphe! blog aggregator

Blog aggregator adalah sebuah perangkat lunak atau layanan yang memungkinkan seseorang mengumpulkan beberapa link blog/situs berita/atau sumber-sumber lain yang dipilih berdasarkan keinginan orang tersebut.

Jadi, kalau sudah menggunakannya, pengguna bisa menghemat waktu. Tanpa perlu blog walking ke situs-situs kegemarannya, postingan terbaru dari situs-situs terbaru tersebut dengan sendirinya akan “dikirimkan” . Sehingga bisa beragam postingan dari berbagai situs hanya dari satu tempat.

Untuk keperluan personal dan dilihat sendiri, bisa menggunakan layanan seperti Feedly, Google News, atau Bing News.

Sebenarnya ada satu lagi aggregator khusus blog yang menarik dengan tampilan bagus serta memungkinkan kita langsung menulis postingan di sana. Namun entah mengapa hingga tulisan ini dibuat, situs tersebut tidak dapat diakses baik melalui Indiehome, Telkomsel, dan XL. Kalau tidak percaya, coba deh meluncur ke Bloglovin. Semoga di tempat kawan-kawan bisa tanpa VPN ya. Jangan lupa saya dikabari pakai provider apa.

Situs Bloglovin’. Ada yang bisa buka dari Indonesia tanpa VPN?

Nah selain blog aggregator yang bisa kita atur-atur sendiri isinya apa dan mengikuti link mana, ada juga pihak-pihak yang dengan ikhlas dan sukarela membuka untuk publik blog aggregator milik mereka.

Sehingga walaupun para pengunjung tidak bisa mengutak-atik isinya, namun tetap bisa ikut membaca dan mengikuti link dan blog apa saja yang dipilih oleh pemilik aggregator tersebut.

Adalah seorang kawan baik, Muhammad Zamroni, yang sekarang tinggal di Berlin – Jerman, membuat blog aggregator dari link blog kawan-kawannya. Beruntung bagi saya, blog ini ada di dalam list tersebut.

Sehingga setiap postingan baru di blog saya ini akan langsung nongol di halaman tersebut. Demikian pula kawan-kawan lain yang alamat blognya sudah dimasukkan Mas Zamroni ini.

matriphe! blog aggregator
matriphe! blog aggregator

Saya mensinyalir motif Mas Zamroni membuat ini salah satunya untuk obat kangen dengan Indonesia dan juga kawan-kawannya. 😀

Oh iya hebatnya lagi, mereka yang ingin turut membacanya bisa juga menikmatinya melalui aplikasi Telegram. Jadi tanpa harus membuka browser, kalau ada postingan baru, langsung deh nongol di channel beliau di Telegram. Kalau tidak percaya, dapat langsung meluncur ke sini.

Silakan dicoba.

8 Comments

  1. Zam

    woh, saya merasa tersanjung dibuatkan sebuah tulisan khusus oleh njenengan!

    sebenernya alasannya cukup sederhana sih, dulu ada semacam blog aggregator yang isinya kumpulan blog-blog keren dan terkurasi, misal Planet Terasi. saya pengen beberapa blog menarik (buat saya) bisa dibaca juga oleh orang lain, semacam kurasi blog gitu tapi versi saya.

    selain itu, dulu ada yang namanya Blogroll, di mana di situ ditampilkan blog-blog teman, atau yang dianggap menarik oleh si empunya blog. namun saya juga pengen mengetahui update terbaru apa dari lingkaran blog tersebut, makanya lahirlah matriphe.net (biar domain ngga nganggur 😆)

    soal Bloglovin, saya baru tau. saya bisa buka, tapi ternyata harus login untuk melihat isinya.

    • Sami-sami Maaas… Saya juga merasakan manfaatnya… Karena mempermudah blogwalking, dan bisa ketemu teman-teman yang masih semangat nge-blog. Saya yang kudunya maturnuwun Mas… 🙏🏼🙏🏼🙏🏼

  2. ini nih jadi kayak zaman dulu, ada saling backlink ke blog. keren lho!

    • Dan gara-gara blog aggregator mathripe!, saya bisa bertemu dengan teman-teman baru yang ternyata masih rajin nge-blog. 😀

  3. Layout sama font-nya Matriphe.net seger banget. 🙂

  4. Halo mas.. mas dapat liebster award dari aku ya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.