Festival seni dan kebudayaan tahunan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, FKY 30 akan digelar pada 23 Juli – 9 Agustus 2018, berpusat di Kompleks Planet Pyramid Bantul dan beberapa lokasi lain di Yogyakarta.

Akan ada pawai seni saat pembukaan festival ini pada 23 Juli 2018 mulai jam 15:00 WIB. Rute yang akan dilewati pawai yang dikemas dalam bentuk karnaval topeng dan diikuti kurang lebih 30 kontingan dari berbagai kelompok dan komunitas seni dari dalam dan luar Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut : Taman Parkir Abu Bakar Ali – Jl. Malioboro – Kawasan Nol Kilometer.

Rencananya di karnaval topeng nanti, selain dikreasikan pada para peserta, kendaraan-kendaraan yang turut dalam pawai ini juga akan dihiasi beraneka macam topeng.

Dengan adanya pawai ini maka akan ada pengalihan arus jalan serta buka tutup jalan menuju Jalan Malioboro, mulai dari Gardu PLN di Jalan Abubakar Ali sejak jam 14:30 WIB. Harap maklum.

Prosesi pembukaan FKY 30 yang rencananya akan dilakukan oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA PAKU ALAM X, diawali  pertunjukkan tari Sekar Pudyastuti dari Ayudyah Art Dance, diiringi Pengrawit Melody Jawi pimpinan Pratiwi Wibowo.

Kemudian dilanjutkan pemukulan kentongan sebagai simbol penanda waktu berkumpul dan ajakan pada masyarakat agar ikut terlibat bersama-sama dalam kegiatan ini.

Usai pemukulan kentongan selesai, langsung dilanjutkan penampilan salah satu grup band experimental ternama dari Yogyakarta, yaitu Senyawa.

Alasan dipilihnya Senyawa karena kelompok musik ini telah menunjukkan progresifnya perkembangan seni musik Nusantara di Yogyakarta, dan telah diterima dunia selama dua tahun terakhir ini.

Selama 18 hari FKY 30 akan menyajikan program-program antara lain: Pasar Seni, Panggung Pertunjukan, Panggung Senyap, Workshop dan Lomba Kreatif, Pameran Seni Rupa [PAPERU], Bursa Seni, Diskusi Seni, Bioskop FKY, Pertunjukan Teater, Pembacaan Prosa, serta Pertunjukan Kontemporer berkolaborasi dengan Jogjakarta Video Mapping Project yang saat ini telah berubah nama menjadi Jogjakarta Video Mapping Festival.

Selain itu pada 7 Agustus 2018 akan digelar Pawai Mesemeleh yang diikuti perwakilan kabupaten-kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta di Jalan Malioboro Yogyakarta.

Bersamaan dengan diselenggarakan FKY 30, digelar Festival Kearifan Lokal yang merupakan afiliasi dari festival ini yang akan  diagendakan dilaksanakan di Kulon Progo pada 27 – 29 Juli 2018.