Pawai Pembukaan FKY 30 hari ini akan digelar mulai 15:00 – 18:00 WIB dengan rute Taman Parkir Abu Bakar Ali – Jl. Malioboro – Kawasan Nol Kilometer.

Pawai ini dimeriahkan kurang lebih 30 kontingen dan dikemas dalam bentuk karnaval topeng yang selain dikreasikan pada para peserta, juga akan menghiasi kendaraan-kendaraan yang ikut kemeriahan ini.

Dengan adanya pawai tersebut, maka akan akan ada pengalihan arus lalu lintas serta buka tutup jalan menuju kawasan Malioboro, mulai Gardu PLN di Jalan Abubakar Ali sejak 14:30 WIB.

Peta Pawai Pembukaan FKY 30 Mesemeleh

Peta Pawai Pembukaan FKY 30 Mesemeleh

Selain pawai karnaval topeng, proses pembukaan FKY 30  juga diwarnai Pertunjukkan tari Sekar Pudyastuti dari Ayudyah Art Dance dengan iringan Pengrawit Melody Jawi pimpinan Pratiwi Wibowo.

Pemukulan kentongan bersama-sama secara simbolis akan menandai pembukaan FKY 30 yang tahun ini mengangkat tema MESEMELEH. Suara kentongan ini juga merupakan simbol penanda waktu berkumpul dan ajakan agar masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Usai pemukulan kentongan bersama-sama, acara langsung dilanjutkan sebuah band experimental ternama dari Yogyakarta, yaitu Senyawa.

Dengan selesai digelarnya pawai dan upacara pembukaan ini, secara resmi FKY 30 mulai berlangsung dan akan berjalan selama 18 hari, mulai hari ini 23 Juli hingga 9 Agustus 2018.

Kegiatan FKY 30 sebagian besar dilaksanakan di Planet Pyramid Jalan Parangtritis Bantul dan beberapa kegiatan spesial akan digelar di lokasi-lokasi lain.