Jalu TP luncurkan “Tumbuh”

Jalu TP luncurkan single “Tumbuh” pada 10 Oktober 2020 yang lalu di berbagai gerai digital, termasuk official music video-nya yang dapat disaksikan di YouTube.

Sebagai orang yang mengikuti karir musik pemuda bernama lengkap Jalu Tegar Prastawa sejak debut solo-nya beberapa tahun silam, karya terbarunya ini sungguh menampakkan kematangannya baik sebagai musisi maupun produser.

Ini tentu saja bukan berarti single-single terdahulunya, pasca album project kolaborasi dengan sebuah band asal Jogjakarta, lantas tidak baik.

Namun jika berturut-turut mendengarkan karya-karya pria asal Klaten ini sejak era “Carikan Cinta”, kemudian dilanjutkan single perdana hasil karyanya “Menuju Selamanya”.

Kemudian lagu berbahasa Jawa “Aku Lilo”, single “Tumbuh” ini dapat dipandang sebagai sebuah pernyataan bahwa Jalu TP benar-benar makin matang dan berkembang. Keluar dari bayang-bayang yang selama ini mungkin melingkupinya.

Jalu TP luncurkan single “Tumbuh”
Jalu TP luncurkan single “Tumbuh”

Jalu TP berharap karyanya ini menjadi pesan positif yang dapat dibagikan pada semua orang. Agar tidak hanya berkutat di masalah yang itu-itu saja sehingga menghalangi peluang dan celah untuk tumbuh berkembang. Sesuai apa yang sebenarnya diinginkan selama ini.

“Sehingga dapat sama-sama selalu tumbuh dan bertumbuh dalam segala kejadian dan pertarungan yang dihadapi dalam kehidupan ini.” ungkapnya yang merasa lagu ini sangat sprituil baginya.

Apa yang dirasakan lulusan UKSW Salatiga ini memang tidak berlebihan. Apalagi jika melihat lagu-lagu yang selama ini dibawakan dan diciptakannya selalu tentang cinta dan percintaan.

Di single rilisan Fifu Record dari Salatiga ini, Jalu TP ingin bercerita tentang sebuah proses tumbuh dalam makna yang lebih luas dan universal. Antara lain yang berkaitan dengan proses kehidupan yang saat ini dirasa dalam masa sulit.

Namun demikian, sebagai manusia tetap tidak boleh menyerah dan berdiam diri. Setidaknya lakukan langkah-langkah kecil agar dapat beradaptasi, bertahan hidup, dan terus tumbuh.

Selain produser dan akustik gitar yang dipegang sendiri oleh Jalu TP, para kerabat pendukung kelahiran single “Tumbuh” ini antara lain Yesaya Anendya (Electric Guitar), Imanuel Yogi Nugroho (Keyboard), Elnatan Yosua (Bass), Yoel Kislew (Drums), dan Nicodemus Raka (Flute).

Single ini direkam di Soba Studio, dengan Sound Engineering serta Mixing & Mastering oleh tangan dingin Grayce Soba.

Untuk produksi video musiknya, Angga Widhya tampil sebagai Director, Colorist oleh Yehuda Aribowo, Kardia Ivana bertanggungjawab atas MUA, serta Art properti ditangani Yesaya Anendya dan Otniel Eka.

Sejak beberapa hari lalu, “Tumbuh” sudah tersedia dan dapat dinikmati di gerai-gerai digital. Silakan mendengarkan, selamat menikmati, dan mari bertumbuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.