Ada yang istimewa di FKY 30 kali ini. Untuk pertama kalinya sebuah program bernama Panggung Belakang akan digelar pada 1 – 8 Agustus 2018 jam 15:00 – 19:00 WIB di Planet Pyramid, Bangunharjo, Bantul, DIY.

Program Panggung Belakang ini mengundang para direktur festival dan lembaga-lembaga kebudayaan asing untuk tampil dan menjelaskan seluk beluk kegiatan atau festival yang mereka gelar.

Dengan demikian, diharapkan dari program ini bisa melahirkan sinergi, jejaring, dan kerja sama antara penyelanggara festival, penggiat seni, dan masyarakat luas demi terlaksananya kegiatan yang berkelanjutan.

Jadwal Panggung Belakang FKY 30

Jadwal Panggung Belakang FKY 30

Pada hari pertama kegiatan ini, 1 Agustus 2018 akan tampil penggiat Festival Layang-layang yang berbagi cerita dan pengalaman mereka.

Esok harinya, disusul oleh penyelenggara Ngayogjazz yang akan bercerita tentang “Festival Jazz di Desa, untuk Semua, Bermain dengan Riang Gembira” dan Kustomfest yang akan berbicara tentang Membangun Ruang Passion Kustom Kulture.

Sabtu 4 Agustus 2018, program Panggung Belakang kembali bersama Transformaking yang akan berbagi tentang Future Innovation Festival oleh HONF citizen lab dan CATEC.

Festival-festival film akan menyemarakkan Panggung Belakang pada Minggu, 5 Agustus 2018. Pada kesempatan tersebut akan hadir Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), Festival Film Dokumenter (FFD), Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ).

Bagi para penggemar tattoo, Senin 6 Agustus 2018, akan hadir FOMBI yang bercerita tentang Lika-Liku Laku Festival, dan Tattoo Merdeka yang mengangkat tentang Tattoo dan Kepedulian.

“Historiografi Musik Indonesia: Narasi apa, Kisah siapa?” dari LARAS bersama Risky Sasono akan mengisi Panggung Belakang di Selasa, 7 Agustus 2018.

Akhirnya rangkaian panggung belakang ini, pada 8 Agustus 2018, diisi Bosan Berisik Lab tampil dengan tema (Re) Introduction, kemudian ditutup oleh Yayasan Biennale Yogyakarta yang membahas tentang Tamasya Hiperealitas.