SUMONAR 2019

SUMONAR 2019 Ditutup 5 Agustus Kemarin

SUMONAR 2019 yang digelar sejak 26 Juli lalu, akhirnya sampai pada hari terakhir pelaksanaannya pada Senin, 5 Agustus 2019 kemarin di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta.

Pada hari penutupan ini, SUMONAR 2019 menampilkan karya video mapping dari para artis yaitu Sany Budiman/Eureca Indonesia, Chiefy Pratama/Next, S.Wibowo/VJRI, RPTV, Isha Hening x Iga Massardi, JVMP x Febrianto Tri Kurniawan, LZY Visual, Furyco, Uvisual, Raymond Nogueira/Rampages (Macau) dan JVMP all stars. Usai menampilkan karya-karya video mapping tersebut, acara dilanjutkan pesta penutupan Pameran Instalasi Visual di Loop Station.

Sesaat sebelum karya-karya para seniman video mapping dipertunjukkan, Ari Wulu yang menjadi Festival Director SUMONAR 2019 melihat besarnya animo masyarakat. Tak hanya itu, ia juga senang SUMONAR tak hanya jadi ajang hiburan masyarakat. Lebih dari itu tujuan lain festival ini yaitu terbukanya kesempatan berinteraksi dengan wahana lain, juga tercapai.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya tawaran untuk berkolaborasi dengan tak hanya para seniman yang menampilkan karya mereka di SUMONAR 2019, melainkan juga pihak-pihak lain yang terlibat di dalamnya.

Adapun seniman video mapping dan instalasi yang berpartisipasi selama SUMONAR 2019 ini adalah Anung Srihadi X Ruly Kawit X Dani Argi, Chiefy Pratama (NEXT), Doni Maulistya, Eureca Indonesia, Fanikini x Bagustikus x Kukuh Jambronk, Furyco, Isha Hening X Iga Massardi, Ismoyo R Adhi, JVMP X Febrianto Tri Kurniawan, Lepaskendali x Bazzier x Sasi, Lepaskendali x Zianka Media, Lintang KRP x SIR, Luwky, LZYVisual, MöDAR, MVLTIVERSE (Derek Tumala & Clarissa Gonzales) – Philippines, Raymond Nogueira/Rampages (Macau), RPTV, Studio Batu, SWIBOWOJ, Uji “Hahan” Handoko, dan UVISUAL.

Di kesempatan yang sama, Raphael Donny yang menjadi Ketua Jogjakarta Video Mapping Project, menginginkan penyelenggaraan SUMONAR 2019 di tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak seniman yang terlibat dalam festival ini. Selain itu iya juga berharap munculnya generasi-generasi baru yang berkarya dan mengembangkan video mapping di Indonesia.

SUMONAR 2019
Any Color You Like by ISHA HENING x IGA MASSARDI

Iga Massardi, salah satu seniman yang terlibat SUMONAR 2019 terkejut melihat antusias yang sangat besar dari masyarakat yang hadir dalam festival ini. Ujarnya, selain menjadi kali pertama baginya untuk terlibat di SUMONAR, gelaran yang terselenggara pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2019 ini menjadi debut perdananya terlibat dalam penggarapan sebuah karya video mapping.

Isha Hening, seniman lain yang terlibat SUMONAR, melihat festival ini tidak hanya menjadi wadah bagi para seniman visual berjumpa langsung dengan para penikmatnya. Namun juga sebagai tempat pertemuan menyenangkan para pengkarya video mapping untuk berjumpa maupun bertukar gagasan perkembangan seni visual terkini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.