Screen Shot 2014-03-20 at 11.58.48 PM

 

Beberapa bulan terakhir ini, kawan-kawan saya nampak mulai semangat nge-blog . Tulisan mereka menurut saya bagus-bagus karena sangat orisinal dan dekat dengan keseharian saya.

Kemudian saya coba mengikuti blog-blog tersebut  melalui layanan dari feedly. Tetapi eh tetapi, kadang saya berhari-hari lupa membuka feedly tersebut, sehingga tau-tau tulisan kawan-kawan di masing-masing blog mereka sudah banyak yang terlewatkan.

Untunglah saya mendapat saran dari Mas Jewe, untuk mencoba menggunakan layanan twitter feed yang memungkinkan akun twitter kita otomatis berkicau dan memberitahukan bahwa blog seorang kawan kita telah diupdate dengan artikel berjudul “bla bla bla” gitu.

Langsung saja saran itu saya praktekkan dan beberapa kawan saya yang punya blog saya masukkan list di twitterfeed. Beberapa tokoh yang mungkin tak mengenal saya namun karena saya rasa blog-nya bagus juga saya masukkan ke list tersebut.

Contoh tampilan kicauan otomatis dari twitterfeed adalah seperti ini:

Ternyata ini membawa dampak positif, pertama untuk mengetahui kawan-kawan saya yang mana yang baru saja update blognya, saya jadi sering melihat kicauan-kicauan dari akun saya sendiri di twitter.

Dengan demikian saya bisa melakukan semacam introspeksi tentang apa yang telah saya kicaukan dari akun twitter saya selama ini. Apakah menyakiti orang lain, atau garing, atau wagu, atau ndak mutu.

Kedua, saya jadi ikut terpacu untuk rajin menulis di blog lagi, apalagi melihat beberapa kawan sudah sampai  bisa melakukan nge-blog secara rutin tiap-tiap hari tertentu setiap minggunya.

Jadi silahkan menikmati update blog kawan-kawan saya melalui “by” yang muncul sewaktu-waktu tanpa terduga di akun twitter saya ya 🙂