Memeriahkan saling balas nge-blog dengan menunjukkan list lagu Sheila On 7 andalan masing-masing dalam rangka ulang tahun band asal Yogyakarta ini, yang diawali oleh @masjaki lalu disambut oleh Mas @dv77, maka saya jadi ikut gatal dan mencoba turut serta memeriahkan.

Tapi jangan harapkan ulasan/komentar tiap lagu yang saya pilih ini akan sekeren mereka berdua di atas yang jauh lebih melek musik ketimbang saya. Harap maklum yaa..

List lagu ini saya buat dari yang nomer 7 ke 1, tapi bukan berarti yang nomer 7 lebih jelek dari yang nomer 1, tapi lebih ke masalah selera dan faktor-faktor non-musikal yang kadang dengan tidak sopan turut memengaruhi penentuan peringkat lagu-lagu ini. Ini dia list lagu Sheila On 7 ala saya.

 

7. PEJANTAN TANGGUH

Jadi lelaki tangguh itu bukan tentang bagaimana kalian bisa show off dan bragging tentang apa yang sudah dimiliki dan dapat dilakukan selama ini. Jadi lelaki tangguh itu sesungguhnya adalah tentang bagaimana untuk terus belajar apapun dari siapapun untuk melewati tantangan-tantangan yang kadang kita rasa jauh lebih besar dan hebat dari kita.

Itu makna lagu ini buat saya dan itu alasan yang cukup kuat untuk menempatkannya di posisi ke-7 dalam list ini.

 

6. BILA KAU TAK DISAMPINGKU

Rasa insecure cowok bisa ditampilkan elegan dan jauh dari kesan mengemis atau posesif di lagu ini. Suara gitar yang mendayu-dayu seolah menangisi nasib yang menimpa si cowok, seperti yang sering kita dengarkan dari lagu-lagu bertema serupa, tidak terdengar di sini. Lagian, keliatannya main gitar gaya seperti itu bukan kebiasaannya Eross sih..

 

5. SEBERAPA PANTAS

Lagu ini saya pilih karena alasan nasionalisme. Jadi seperti sudah banyak yang tahu kalau Sheila On 7 kala itu sudah terkenal dan diidolakan pula di Malaysia.

Saat diluncurkan, konon lagu ini dilarang diperdengarkan di radio-radio dan televisi Malaysia. Alasannya karena dalam lagu ini ada kata “Celakanya”, yang itu dianggap tabu diucapkan di sana.

Namun, secara sembunyi-sembunyi para kawula muda yang sudah sangat nge-fans dengan Sheila On 7 tetap mendengarkan lagu ini.

Nah, di sini sisi kebanggaan dan nasionalisme saya menyala. Bayangkan, berapa band Indonesia sih yang bisa sampai membuat warga negara lain melanggar aturan negaranya sendiri hanya lewat sebuah lagu?

 

4. SAHABAT SEJATI

Udah jelas kan? Lagu ini mengajarkan saya gimana caranya menjadi seorang kawan yang baik untuk siapa saja yang juga baik dan mengganggap saya kawan. Menurut kalian, nama TemuKonco itu dari mana datangnya? 😀

 

3. KITA

Saya suka lagu ini karena alasan yang sederhana, bagi saya lagu ini mengajarkan bagaimana caranya untuk tetap cool dan tampak bijak saat ditembak cewek yang sebenernya juga kita senengin.

Sebelum lagu ini, setau saya belum ada lagu Indonesia yang menceritakan cowok di tembak cewek, lalu reaksi cowoknya bijak dan cool, yang ada biasanya diceritakan reaksi sang cowok deg-degan, salah tingkah, kelu tak dapat berkata, dan sejenisnya. Sementara Sheila On 7, tetap terjaga kekerenannya tur isa macak bijaksana. Kalian para cowok-cowok bisa gitu pho?

 

2. HINGGA UJUNG WAKTU

Sebenarnya saya sempat terpikir untuk memasukkan lagu ini saat dulu posting List Lagu Mantenan, namun dengan beberapa pertimbangan, saya tidak memasukkan lagu yang sampai sekarang kalau mendengarkannya masih sering goosebumps sendiri ini, karena menurut saya lagu ini sangat personal dan lebih seru jika didengar saat hanya berdua dengan istri, tidak di tengah keramaian tamu-tamu mantenan.

 

1. J.A.P.

Ini lagu yang tidak pernah gagal menyulut semangat di saat lagi tidak mood, males, lesu darah, kurang bertenaga, dan tak bersemangat. Selain memang lagunya yang nge-rock banget, temanya yang lucu-lucu nyenengin, liriknya yang agak tidak umum di masanya, tak ketinggalan karena ada Dian Sastro yang menjadi model di video klip ini dan membuat lagu ini lebih memorable dan saya pikir itu alasan yang lebih dari cukup untuk menempatkannya di urutan pertama list ini.

Khusus tentang penampilan Dian Sasto, dalam video klip ini dia melakukan hal anti-mainstream yang dahsyat. Bayangkan saja, sebelum ada videoklip ini, mungkin orang-orang berpikir untuk lebih memunculkan sex appeal perempuan di film tanpa khawatir terkena sensor adalah dengan menampakkan siluet perempuan sedang melucuti pakaiannya.

Tapi Dian Sastro melakukan yang sebaliknya. Siluetnya menampakkan dia yang sudah berpakaian lengkap, sedang mengenakan pakaian teknisi mesin kendaraan. Dan tepat di adegan itu Dian Sastro tampak luar biasa seksi, sodara-sodara…

 

Itu tadi list lagu Sheila On 7 menurut saya, iya lagu-lagu jaman dahulu kala ya, jaman drummernya masih Anton dan Sakti masih ada. Umur memang tak pernah berdusta.

Bagaimana dengan kawan-kawan? Punya list lagu Sheila On 7 ala kalian sendiri? Endhi jal? 😀